Tips Keluar Dari Rutinitas Dan Berkilau Di Tempat Kerja

Investment / 13 February 2010

Kalangan Sendiri

Tips Keluar Dari Rutinitas Dan Berkilau Di Tempat Kerja

Lestari99 Official Writer
4071

Rutinitas menjadi hal yang seringkali tak dapat dihindari oleh para pekerja kantoran. Dan bila kebosanan timbul, hal ini seringkali berdampak pada efektivitas kerja di kantor. Tentu saja ini akan mempengaruhi performa kerja Anda dan bukan ini yang Anda inginkan bukan?

Berikut adalah enam langkah untuk keluar dari kebosanan dan tetap bertahan dalam rutinitas dengan pemikiran yang berbeda:

Kagumi dunia di sekeliling Anda. Nikmati apa yang ada di sekeliling Anda dan atur kegiatan Anda dalam sehari sehingga Anda pun akan dipengaruhi oleh rangsangan yang berbeda. Misalnya saja, ambillah rute yang berbeda untuk pergi ke kantor, atau membeli majalah yang biasanya tidak Anda baca. Rangkum hasil observasi Anda dalam sebuah tulisan. Jelaskan apa saja yang telah Anda alami tanpa membuat evaluasi. Perhatikanlah perbedaan dan juga persamaan kecil antara satu pengalaman dengan pengalaman selanjutnya.

Ciptakan ruang kerja yang memberi rangsangan. Perhatikan dengan saksama hal-hal yang sangat melibatkan indra Anda. Sekali Anda mengetahui elemen-elemen tersebut, Anda akan lebih beas mengatur lingkungan kerja Anda. Bereksperimenlah dengan bangku kerja Anda atau letak komputer Anda, pencahayaan di meja kerja, dll, sampai Anda menciptakan sebuah tempat tenang yang sangat ideal bagi Anda.

Pikat diri Anda dan orang lain. Jadilah orang yang imajinatif dan penuh improvisasi. Tenggelamlah dalam khayalan, nyalakan musik yang menstimulasi dan menarilah di kantor Anda. Atau Anda bisa juga memulai sebuah cerita dan biarkan orang lain yang menambahkannya sampai cerita berakhir.

Lompati keyakinan. Percayalah pada intuisi yang Anda miliki dan lakukan sesuatu sekarang. Lakukan riset, diskusikan dengan teman, atau buat sketsa rencana. Ketika Anda mengikuti dorongan kreativitas, Anda harus siap menerima resikonya dan terimalah kegagalan sebagai sebuah kemungkinan. Jangan pikirkan opini yang dilontarkan orang lain bagi Anda.

Kerahkan orang lain. Kerahkan tim yang Anda miliki dan rundingkan segala cara untuk mengubah ide kreatif menjadi kenyataan. Selama proses tersebut sedang berlangsung, ambil waktu untuk merayakan terobosan dan kemunduran, karena keduanya adalah langkah menuju kesuksesan.

Pertahankan kilau Anda. Buat ruangan untuk beraktivitas yang dapat memberi umpan pada kekreativisan Anda. Rekam kemajuan yang Anda capai dan sesuaikan strategi kala Anda membutuhkannya.

Sumber : perempuan
Halaman :
1

Ikuti Kami